FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Materi Akidah Akhlak Kelas 3 MI Adab Terhadap Tumbuhan

Allah Swt. memberikan kita tanah yang subur. Setiap benih yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik. Setiap pohon yang kita tanam, akan tumbuh dengan subur dan lebat daunnya. Bermacam-macam buah dapat kita peroleh dengan mudah, termasuk sayur-sayuran yang dengan mudah dapat dibudidayakan. Ini semua adalah kemurahan Allah Swt. yang diberikan kepada kita.

Adab Terhadap Tumbuhan

Tumbuh-tumbuhan sangat bermanfaat bagi kita. Pada siang hari yang panas, akan terasa segar apabila berada di bawah pohon yang rindang. Semua itu disebabkan karena tumbuhan sedang melakukan proses fotosintesis pada siang hari. 

Tumbuhan menghisap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen. Oksigen dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernafas. Ternyata banyak manusia yang kurang pandai bersyukur. Ia terlalu serakah. 

Keserakahannya sering menimbulkan kerusakan. Hutan yang dulunya sangat lebat dan terjaga, mulai banyak yang gundul. Para penebang hutan dengan seenaknya merusak kawasan yang seharusnya dilindungi.

Padahal Allah telah mengingatkan kita akan akibat dari kerusakan yang diperbuat manusia. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam Surah ar-Rum ayat 41:

Artinya: ”Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (QS. Ar-Rum ayat : 41)

Keinginan dan keserakahan beberapa orang saja dapat mangakibatkan bencana yang sangat dahsyat. Setiap saat kita mendengar ada musibah dan bencana alam menimpa manusia yang tidak berdosa akibat ulah mereka. Di antara bencana yang terjadi adalah:

1. Tanah longsor

Hutan yang dulunya sangat lebat dengan pohon-pohon yang besar dan menjulang tinggi sudah banyak ditebangi untuk dijual. Bukit-bukit yang ada sekarang tinggallah tanah yang gundul. Ketika hujan lebat, tanah yang ada di bukit tersebut tidak punya kekuatan untuk menahan derasnya air. Tanah longsor pun tidak dapat dihindarkan.

2. Kebakaran hutan

Banyak orang yang melakukan perambahan hutan dan membakarnya untuk membuka lahan baru. Padahal asapnya sangat mengganggu dan terkadang sampai ke negara tetangga. Asap yang dihirup manusia itu sangat berbahaya bagi paru-paru. Tidak sedikit orang yang terganggu pernapasannya karena menghirup asap tersebut.

3. Banjir

Kita sering menyaksikan di TV atau media massa lainnya terjadinya banjir di mana-mana. Semua itu disebabkan resapan air yang makin berkurang dengan banyaknya penggundulan hutan. Tumbuhan yang berfungsi menyerap air dan menahan tanah sudah sangat berkurang jumlahnya. Keseluruhan air tidak dapat meresap ke dalam tanah sehingga menyebabkan terjadinya banjir.

4. Kekeringan

Bencana ini kebanyakan terjadi di musim kemarau. Tanah yang gundul tidak akan mampu menahan air. Jika musim kemarau tiba, air yang ada di dalam tanahpun segera hilang. Akhirnya, tanah menjadi kering dan sulit untuk ditanami. Akibatnya, masyarakat tidak akan dapat merasakan hasil panennya karena tanahnya tidak dapat ditanami.

5. Tanah tandus

Banyak lahan yang tandus dan tidak bisa digarap lagi. Hal ini banyak tejadi di tempat-tempat pertambangan. Setelah mengeruk habis sumber daya alam yang ada di dalamnya, kemudian ditinggalkan begitu saja tanpa ada usaha untuk memperbaikinya.

Allah Swt. memerintahkan kita untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan cara menjaga tanaman dan pepohonan yang ada di sekitar kita. Allah Swt. telah memberikan peringatan berupa peristiwa bencana alam yang terus-menerus terjadi di muka bumi ini, jika manusia tidak mengindahkan lingkungan dengan sebaik-baiknya.

Dalam al-Qur’an Surah al-An'am ayat 38, Allah Swt. menegaskan :
Yang Artinya: “Dan tidak ada seekor binatang pun yang ada di bumi dan burung- burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan semuanya merupakan umat-umat (juga) seperti kamu. Tidak ada sesuatu pun yang Kami luputkan di dalam Kitab, kemudian kepada Tuhan mereka dikumpulkan. (QS. Al-An'ām[6]:38)

Dengan demikian jelaslah bahwa binatang melata dan burung-burung pun adalah umat seperti manusia juga, sehingga semuanya tidak boleh dianiaya atau disakiti. Artinya tumbuhan dan binatang yang ada di sekitar kita harus dipelihara dan dijaga dengan sebaik-baiknya agar terhindar dari sikap menyakiti dan menelantarkannya. Kita harus berusaha menyelamatkan mereka dari kepunahan.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk selalu menjaga kelestarian alam dan tanaman yang terdapat di sekitar kita, antara lain :
  1. menjaga tanaman yang terdapat di lingkungan rumah kita dengan cara menyiraminya secara teratur
  2. memberinya pupuk secara tepat agar dapat tumbuh subur
  3. melakukan reboisasi (penanaman kembali) terhadap hutan yang gundul
  4. menanami pantai dengan pohon bakau untuk mencegah terjadinya abrasi
  5. membantu perkembangbiakannya dengan cara pencangkokan, okulasi dan menyemaian bibit unggul
  6. tidak menebang tumbuhan secara sembarangan
  7. menjaga kelangsungan hidup tumbuhan dengan cara menanam kembali tunas- tunasnya.
Demikian Pembahasan tentang Akhlak Kita Terhadap Tumbuhan ini semoga dapat memberikan kemudahan dan pemahaman tentang bagaimana pentingnya merawat tumbuhan yang ada di muka bumi ini

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643