FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Materi Akidah Akhlak Kelas 3 MI Adab Terhadap Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia, baik binatang, tumbuh-tumbuhan, maupun benda-benda lain yang tak bernyawa. Pada dasarnya, akhlak yang diajarkan al-Qur’an terhadap lingkungan bersumber dari fungsi manusia dalam kedudukannya sebagai khalifah Allah di muka bumi ini.
Adab Terhadap Lingkungan

Kekhalifahan menuntut adanya hubungan antara manusia dengan sesamanya, dan manusia terhadap alam. Kekhalifahan sendiri mengandung sebuah arti pengayoman, pemeliharaan, serta pembimbingan, agar setiap makhluk mencapai tujuan penciptaannya. Dalam pandangan agama Islam, seseorang tidak dibenarkan mengambil buah sebelum matang, atau memetik bunga sebelum mekar. Hal ini berarti tidak memberi kesempatan kepada manusia untuk mencapai tujuan penciptaannya.

Ini berarti setiap manusia dituntut harus mampu memahami kejadian-kejadian yang sedang berjalan atau semua peristiwa yang sedang terjadi. uraian tersebut itu akan membentuk pribadi manusia yang bertanggung jawab, sehingga manusia tersebut tidak melakukan sebuah perusakan, bahkan dengan kata lain, "Setiap perusakan terhadap lingkungan di sekitar harus dinilai sebagai perusakan pada diri manusia sendiri." makhluk yang berupa Binatang, tumbuhan, dan benda-benda tak bernyawa semuanya diciptakan oleh Allah Swt. dan menjadi milik-Nya. Semua memiliki ketergantungan kepada-Nya. Keyakinan ini mengantarkan seorang muslim untuk menyadari bahwa semuanya adalah makhluk Tuhan yang harus diperlakukan secara baik. Firman Allah Swt. dalam surat al Ḥijr ayat 19 dan 20:

Artinya: “Dan Kami (Allah SWT) telah menghamparkan bumi dan Kami pancangkan padanya gunung-gunung serta Kami tumbuhkan di sana segala sesuatu menurut ukuran (19). Dan Kami telah menjadikan padanya sumber-sumber kehidupan untuk keperluanmu, dan (Kami ciptakan pula) makhluk-makhluk yang bukan kamu pemberi rezekinya (20). (QS. Al-Hijr [15]:19-20)

Adab terhadap Binatang


Binatang adalah makhluk hidup yang mempunyai beberapa kesamaan dengan manusia. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya binatang juga memerlukan makan sehari-hari, tempat berlindung yang aman dan nyaman dari berbagai gangguan dan ancaman dari makhluk yang lainnya.

Lingkungan yang dibutuhkan binatang hampir sama seperti yang dibutuhkan manusia. Mereka juga hidup saling bergantung dan saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.

Manusia yang diberikan kelebihan oleh Allah berupa akal dan keterampilan yang lebih baik dari binatang, harus bisa menjaga dan melestarikan binatang disekitarnya dengan baik. Manusia sebagai makhluk yang mempunyai akal sempurna, pikiran dan perasaannnya harus bisa memberikan perlindungan yang baik kepada binatang, terutama kepada hewan-hewan yang dilindungi negara. Sikap perlindungan itu bisa ditunjukkan dengan cara diantaranya adalah tidak merusak lingkungan tempat tinggal hidup binatang, selalu menjaga kelestarian lingkungan sekitar sehingga habitatnya akan terpelihara dengan baik.

Agama Islam mengajarkan kita untuk berperilaku islami terhadap binatang dan tumbuhan. Bahkan Rasulullah Saw. juga secara tegas melarang kita menyiksa binatang atau memperlakukan binatang semena-mena.

Adapun adab islami yang dapat kita lakukan terhadap binatang di antaranya :
  • Memperlakukan binatang dengan penuh kasih sayang, misalnya memberinya makan, minum dan merawatnya jika sakit.
  • Melindungi binatang yang dilindungi negara seperti: komodo, gajah, jerapah, dan burung cendrawasih.
  • Tidak menyiksa binatang untuk kepuasan pribadi.
  • Jika menyembelih binatang hendaknya dengan pisau tajam dan sesuai dengan syariat Islam.
  • Menjaga ekosistem sebagai tempat hidup binatang.
  • Menjaga binatang dan tidak menyakitinya.
  • Tidak menyiksa dan tidak menjadikannya sebagai hewan aduan.
  • Jika kita mampu menyayangi binatang dengan baik, itupun akan berakibat baik terhadap kita sendiri. 
  • Jika kita dapat menjaga binatang-binatang tersebut, maka generasi kita yang akan datang tidak hanya dapat melihat gambarnya, tetapi juga dapat melihat langsung binatang-binatang tersebut.
Demikian materi tentang Adab Terhadap Lingkungan ini semoga dapat bermanfaat untuk kelangsungan hidup dan kerukunan masyarakat di muka bumi ini

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643