Asmaul Husna Al Kabir (Yang Maha Besar)

Al-Kabiir artinya Allah Maha Besar. Al-Kabiir adalah salah satu dari asmaul husna yang berarti Allah Maha Besar. Kebesaran Allah dibuktikan dengan beragam ciptaan-Nya yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya. 
Asmaul Husna Al Kabir


Contoh Allah Swt. bersifat Al-Kabiir adalah diciptakannya matahari yang sangat panas dengan sinar yang menerangi semesta alam dan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk. Begitu juga terhamparnya laut yang luas dan gunung-gunung yang tinggi menghiasi bumi ini semakin membuktikan bahwa Allah Maha Besar.

Bagaimana dengan kemampuan manusia sekarang ini yang dapat menciptakan pesawat, robot, computer, scan, android? Apakah bisa dianggap maha besar? Tentunya tidak. Pengetahuan dan kemampuan manusia menciptakan barang-barang tersebut hanya sebagian kecil dari pengetahuan yang Allah Swt. berikan kepada manusia. Barang-barang buatan manusia mudah rusak dan kadaluarsa. Karena itu manusia tidak boleh merasa lebih besar dari yang lainnya. Karana hanya Allah Swt. Yang Maha Besar.

Apabila kita mau berpikir tentunya banyak bukti yang menunjukkan bahwa Allah itu Maha Besar. Misalnya, penciptaan alam semesta beserta seluruh isinya. Allah menciptakan matahari dan bulan, keduanya berfungsi untuk menyinari bumi, berjalan pada orbitnya, dan tidak pernah berbenturan. Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi diciptakan sebagai hamparan dan langit diciptakan di atas bumi tanpa memiliki tiang penyangga.

Masihkah kita ragu, bahwa Allah al-Kabiir? Tidak, kita meyakini bahwa Allah al-Kabiir. Dengan keyakinan ini kita akan mencontoh dan meneladani nilai- nilai al-Kabiir dalam hidup kita.

Seorang hamba yang meneladani nama al-Kabiir, dia akan selalu menghadirkan kebesaran dan keagungan Allah dalam kehidupannya. Ia akan selalu berusaha untuk menghilangkan sikap sombong atau takabur. Ketika ia menyebut nama Allah al-Kabiir atau Allahu Akbar, maka semua hal selain Allah Swt., adalah kecil. Ia tidak akan silau atau tertipu oleh kedudukan, derajat, pangkat, bahkan semua hal yang ada di jagat raya. Karena apa yang ada di dunia ini tidak bisa disejajarkan sedikit pun dengan apa yang ada di sisi Allah Yang Maha Besar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url