FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Materi Akidah Akhlak Kelas 5 SD/MI Bab 5 Menghiasi Diri Dengan Sifat Dermawan

Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang sikap dermawan, ciri-cirinya, serta hikmahnya bagi kita, marilah kita ikuti penjelasan berikut!
 
www.safelinkpendidikan.com
Dermawan adalah memberikan sebagian harta kepada orang lain yang membutuhkan secara ikhlas atau tanpa mengharap imbalan.

Orang yang memiliki sifat dermawan tidak pernah berfikir ada balas budi dari orang yang telah menerima bantuannya, atau tanpa pamrih apapun, hanya mengharap ridho Allah Swt sebagai tujuannya.
 
Banyak contoh dari orang-orang yang memiliki sifat dermawan. Abu Bakar Ash Shiddiq sahabat terdekat Nabi Muhammad Saw, seorang kaya raya yang dermawan. Tepatnya ketika perang Tabuk Abu Bakar ra menyerahkan seluruh hartanya untuk kepentingan agama Islam. Rasulullah Saw heran lalu bertanya,” Apa yang engkau tinggalkan untuk keluargamu, wahai Abu Bakar?” Ia menjawab,”Aku tinggalkan untuk mereka Allah Swt dan Rasul-Nya.” Di samping itu Abu Bakar juga banyak menyedekahkan hartanya untuk membeli budak-budak kemudian dimerdekakan.
 
Utsman bin Affan sahabat yang sekaligus menantu Nabi Muhammad Saw juga terkenal orang yang kaya raya dan sangat dermawan. Madinah saat itu dilanda kekeringan. Sumur Rum milik orang yahudi, satu-satunya sumber air untuk kebutuhan orang Madinah. Airnya dijual mahal oleh pemiliknya. 

Pada akhirnya sumur tersebut dibeli dengan harga mahal oleh Utsman bin Affan. Sejak itu, penduduk Madinah bebas mengambil air sebanyak mungkin untuk keperluan mereka secara gratis. Pada perang Tabuk, Utsman telah menyedekahkan 900 ekor unta, 100 ekor kuda, juga ribuan dirham untuk menanggung sepertiga dari biaya perang.
 
Harta yang sebenarnya adalah yang dibelanjakan di jalan Allah Swt. Islam telah menganjurkan sifat dermawan. Dengan sifat tersebut syiar Islam menjadi lebih maju dan mudah berkembang. Oleh karena itu sebagai muslim yang baik hendaknya memiliki sifat dermawan.
 
Ciri-ciri sifat dermawan antara lain:
  1. Rela berkorban untuk sesama manusia;
  2. Menyayangi sesama manusia tanpa mengenal perbedaan;
  3. Selalu menggunakan hartanya untuk kebaikan;
  4. Lebih mengutamakan kepentingan umum;
  5. Tidak sombong ketika memiliki harta berlimpah;
  6. Memberi dengan ikhlas atau tanpa pamrih.
Orang yang dermawan adalah orang yang suka beramal dan bersedekah. Karena orang yang suka bersedekah berkeyakinan bahwa harta yang dimilikinya bukan untuk diri sendiri semata, tetapi merupakan amanah atau titipan Allah Swt.
 
Dan harta yang dimiliki sebagiannya ada haknya orang fakir miskin yang harus disampaikan. Bersedekah ada tata cara atau adabnya.
 
Adab dalam berderma atau bersedekah, di antaranya adalah:
  • Merahasikannya, agar terhindar dari sifat riya;
  • Menampakkannya dengan tujuan mendorong orang lain untuk bersedekah;
  • Tidak menyebut-nyebut pemberiannya dan menyakiti orang yang telah menerimanya;
  • Melupakan sesuatu yang telah disedekahkan;
  • Memberikan harta yang terbaik atau yang paling dicintai.

Hikmah sifat dermawan


Setiap akhlak terpuji atau perbuatan yang baik pasti ada keutamaan dan hikmahnya, adapun hikmah dari sifat dermawan antara lain:
  1. Dilipat gandakan rezekinya oleh Allah Swt;
  2. Dicintai oleh Allah Swt dan Rasul-Nya;
  3. Membantu meringankan beban atau kesulitan orang lain;
  4. Dicintai dan disukai oleh masyarakat;
  5. Menghilangkan kesenjangan sosial;
  6. Dijauhkan dari kesulitan dan mendapat kemudahan.

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643