Materi Akidah Akhlak Kelas 5 SD/MI Ayo Tawakkal Kepada Allah SWT

Manusia merupakan makhluk atau ciptaan Allah Swt sedangkan Allah Swt disebut Khaliq artinya yang menciptakan. Ciptaan tergantung pada penciptanya. Contohnya selembar kain akan dibuat apa saja terserah penjahitnya.
www.safelinkpendidikan.com
Segala daya dan kekuatan hanya milik Allah Swt semata. Manusia dalam kondisi yang lemah. Segala aktivitas makhluk di dunia ini terjadi atas kehendak-Nya. Maka selayaknya kita senantiasa memohon pertolongan dan tawakkal kepada Allah Swt.

Saya Berserah Diri Kepada-Mu, Ya Allah Swt


Tawakkal artinya menyerahkan segala sesuatu kepada Allah Swt, setelah ikhtiar atau usaha yang maksimal. Orang yang bertawakkal adalah orang yang ikhlas dan benar-benar berserah diri sepenuhnya kepada keagungan dan kekuasaan Allah Swt.
Orang yang bertawakkal akan senantiasa bersyukur jika mendapat keberhasilan atau dapat meraih apa yang diinginkan serta senantiasa ikhlas dan sabar apabila mengalami kegagalan. Mereka yang bertawakkal tidak akan larut dalam kesedihan dan tidak merasa putus asa karena semua yang terjadi dikembalikan kepada Allah Swt yang punya kuasa.
Tawakkal merupakan perintah Allah Swt kepada manusia setelah melakukan usaha yang sungguh-sungguh. Jika kalian ingin naik kelas, maka harus rajin belajar dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. 

Jangan lupa berdoa dan berserah diri kepada Allah Swt agar dapat meraih cita-cita. Seseorang bisa dikatakan tawakkal, jika orang tersebut telah bersungguh-sungguh dalam melaksanakan suatu pekerjaan kemudian baru berdoa dan berserah diri kepada Allah Swt. Hasil akhir itu merupakan anugerah yang terbaik dari Allah Swt. Artinya kurang tepat apabila belum berusaha tetapi langsung tawakkal. Hal yang harus diingat adalah tawakkal hanya kepada Allah Swt.

Hikmah Tawakkal kepada Allah Swt


Segala sesuatu yang Allah Swt perintahkan akan menghasilkan banyak keuntungan, manfaat, atau hikmah. Adapun hikmah memiliki sifat tawakkal di antaranya:
  1. Mendapatkan ketentraman hati;
  2. Terhindar dari rasa cemas, gelisah, dan khawatir yang berlebihan;
  3. Tidak mudah putus asa;
  4. Sabar ketika mengalami kegagalan;
  5. Syukur apabila mendapat keberhasilan;
  6. Terhindar dari sifat sombong karena keberhasilan itu bukan semata-mata hasil pekerjaan seseorang, tetapi atas kehendak Allah Swt.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url