FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Materi Akidah Akhlak Kelas 3 Akhlak Terpuji Hormat Dan Patuh Kepada Guru

Selain orangtua, manusia yang sangat berjasa dalam perjalanan hidup kita adalah guru. Kehadiran guru membuat kita menjadi anak yang pintar dan menjadi tahu tentang ilmu. Karena itu kita patut hormat dan patuh kepada guru-guru kita. Bagaimana kita hormat dan patuh terhadap guru kita?
Guru


Beberapa ciri dari sikap patuh dan taat kepada guru adalah sebagai berikut:

1. Sopan santun

Menghormati seorang guru harus diwujudkan dengan sikap yang baik terhadapnya. Misalnya, dengan berperilaku sopan santun. Guru adalah orang yang telah mendidik sekaligus mengajari kita dengan berbagai ilmu yang sangat berguna bagi kehidupan dan masa depan kita semua. Hormatilah guru sebagaimana menghormati kedua orangtua kita. Berdirilah menyambutnya jika guru datang. Tidak boleh mendahului dan memutus pembicaraannya.

Memberi salam dan menjabat tangannya setiap hari di sekolah dan menghadapinya dengan wajah  tersenyum.

2. Menghargai

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Berkat jasa dan pengorbanannya kita bisa membaca, menghitung, dan mengenal dunia sekeliling kita. Oleh karena itu kita wajib menghargai guru. Salah satu cara menghargai guru adalah dengan mendengarkan semua perkataannya, mengerjakan semua tugasnya dan tidak melupakannya walaupun kita telah keluar dari sekolah atau guru sudah tidak mengajari kita.

3. Taat

Anak yang beradab adalah anak yang memiliki ketaatan yang tinggi terhadap gurunya. Ketaatan ini dapat diwujudkan dengan mematuhi segala nasehat yang diberikan dan menjahui segala yang dilarangnya. Ketaatan tersebut dilakukan dengan ikhlas bukan karena takut hukuman. Sikap hormat dan patuh tersebut dapat diwujudkan dalam perbuatan sehari-hari.

Berikut adalah contoh perbuatan yang mencerminkan hormat dan patuh pada guru:
  1. memperhatikan pengajaran yang diberikan oleh guru
  2. mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru
  3. melaksanakan segala nasihat guru
  4. mengucapkan salam ketika berjumpa dengan guru
  5. mencium tangan guru ketika bersalaman
  6. tidak melupakan kebaikan guru
  7. berdiri menyambut guru
  8. bertanya sesuatu yang belum dipahami dengan sopan
  9. tidak mendahului dan memutuskan pembicaraan.

Bagaimana perasaanmu ketika kamu dapat berbuat hormat kepada gurumu? Adakah rasa senang dan bahagia? Perasaan bahagia itu merupakan salah satu manfaat yang dapat kamu rasakan dari berbuat hormat kepada gurumu.

Adapun manfaat lain dari hormat kepada guru adalah:
  1. disenangi oleh banyak orang
  2. memperoleh ilmu yang barakah
  3. menjadi anak yang saleh
  4. mendapatkan pahala dari Allah Swt.

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643