Ads Area

Latihan Soal TKP CPNS Tahun 2023

Seleksi Tes CPNS Tahun 2023 akan di buka pada bulan September 2023, untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti Tes CPNS Tahun 2023, silahkan anda berlatih menjawab soal-soal Tes TKP CPNS Tahun 2023 berikut
soal Tes TKP CPNS
1. Anda ikut seleksi CPNS 2021 dan jadwal tes SKD Anda pekan depan. Untuk persiapan, Anda mencari literatur dan referensi belajar di internet. Tanpa disengaja, Anda menemukan iklan jasa jaminan lulus CPNS dengan memberikan sejumlah uang. Nominal uang yang diminta masih dalam kesanggupan keuangan keluarga Anda. Sehari sebelumnya, Anda mendapatkan pengumuman dari panselnas BKN yang menghinbau untuk berhati-hati terhadap modus penipuan jaminan lulus CPNS 2021. Hal yang akan Anda lakukan ………………
A. Saya tidak memperdulikannya dan tidak mencari sumber referensi di internet agar tidak menemukan iklan serupa yang dapat mempengaruhi keinginan saya untuk melakukan kecurangan.
B. Saya akan mempertimbangkan peluang lulus CPNS 2021 secara murni. Bila persaingan tinggi dan peluang lulus kecil, saya akan menghubungi pihak yang menawarkan jasa tersebut.
C. Saya akan menghubungi orang tersebut karena saya merasa persaingan untuk lulus CPNS 2021 cukup sulit.
D. Saya tidak menghiraukan iklan tersebut dan tetap mencari sumber referensi materi persiapan CPNS yang dapat saya gunakan untuk bahan belajar.
E. Saya mengambil foto tampilan iklan tersebut dan melaporkan kepada pihak yang berwajib terkait modus penipuan tersebut dan saya memutuskan untuk tidak lagi mencari referensi materi belajar di internet agar saya tidak terpengaruh pada tindakan kecurangan.

2. Anda sedang sibuk menyelesaikan tugas Anda karena mendekati deadline. Tiba-tiba atasan meminta Anda mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Anda akan ………………
A. Saya akan menyarankan atasan untuk meminta rekan kerja lain yang sedang tidak ada deadline untuk mengerjakan tugasnya.
B. Saya menyanggupinya dan langsung mengerjakan tugas atasan saya.
C. Saya menyanggupinya namun menyelesaikan tugas saya dahulu dilanjutkan mengerjakan tugas atasan.
D. Saya menolak permintaan tersebut secara harus karena masih mengerjakan tugas saya.
E. Saya akan memberitahukan kondisi saya pada atasan, namun saya akan mengerjakan tugasnya bila ia memaksa.

3. Anda menghadiri rapat warga yang membahas pembangunan gedung pertemuan. Sebagian besar warga mengusulkan agar seluruh warga kerja bakti dalam pembangunan gedung pertemuan yang sedang dikerjakan oleh kontraktor. Pandangan Anda terhadap usulan tersebut………………. (contoh soal cpns 2023)
A. Menurut saya, kerja bakti lebih baik dilakukan untuk kebersihan lingkungan saja.
B. Kerja bakti tidak diperlukan dalam pembangunan gedung pertemuan tersebut karena kontraktor sudah dibayar dengan dana yang besar.
C. Kerja bakti penting untuk mempererat kebersamaan antar warga.
D. Kerja bakti tidak diperlukan lagi karena pembangunan gedung pertemuan tersebut sudah dikerjakan oleh ahlinya.
E. Kerja bakti diperlukan untuk menumbuhkan rasa memiliki warga terhadap fasilitas gedung pertemuan tersebut.

4. Ketika Anda ditugaskan dalam sebuah tim dipercaya sebagai ketua. Dalam tim tersebut sebagian besar anggotanya tidak sesuai dengan harapan Anda. Sikap Anda ………………..
A. Saya bekerja setengah hati karena anggota tim tersebut tidak seperti yang saya harapkan.
B. Saya berusaha mengajak anggota tim untuk lebih kompak dalam menyelesaikan tugas.
C. Saya akan membagi tugas masing-masing anggota sesuai kemampuan.
D. Saya akan senantiasa berusaha bekerja dengan profesional.
E. Saya akan menerima segala kekurangan dan kelebihan setiap anggota tim.

5. Ketika Anda mengikuti sebuah seminar dengan topik "Menangkal Pengaruh Paham Radikalisme di Indonesia", ada seorang pembicara yang mengeluarkan pernyataan yang menyudutkan sebuah agama dan budaya daerah tertentu. Hal tersebut memicu protes peserta seminar hingga membuat kondisi seminar memanas. Pandangan Anda terhadap masalah tersebut adalah ……….
A. Suatu hal yang wajar bila peserta seminar melakukan protes karena mereka mempertahankan wibawa keyakinan dan budaya mereka.
B. Pembicara menyampaikan materi dari sudut pandangnya sehingga peserta harus memahami hal tersebut.
C. Pembicara dapat menyampaikan materi dan pernyataan berdasarkan sudut pandangannya, namun seharusnya memperhatikan latar belakang peserta seminar.
D. Seharusnya semua pihak dapat saling memahami dan menahan diri sehingga seminar tersebut dapat berjalan lancar.
E. Seorang pembicara bebas menyampaikan materi dan pernyataan sesuai keilmuannya, sehingga peserta seminar harus memahaminya.

6. Anda adalah staf keuangan di sebuah perusahaan. Perusahaan akan menerapkan sistem informasi keuangan secara online yang dapat diakses dengan user authentication sehingga menyewa konsultan bidang IT. Anda memiliki keterbatasan dalam hal pengaplikasian teknologi pada sistem keuangan. Namun, Anda mencurigai adanya celah keamanan pada sistem tersebut yang dapat diretas oleh pihak luar perusahaaan. Hal yang akan Anda lakukan (contoh
soal tkp cpns 2023 hots)
A. Saya akan mempelajari pengaplikasian teknologi internet pada sistem keuangan perusahaan dari berbagai sumber untuk mengetahui masalah yang saya curigai.
B. Saya akan menyampaikan kecurigaan saya kepada atasan untuk ditindak lanjuti dan mengaudit sistem infomasi keuangan yang telah dibangun.
C. Saya akan menanyakan hal tersebut kepada konsultan IT tersebut terkait kemungkinan adanya celah keamanan sistem informasi keuangan tersebut.
D. Saya akan sampaikan kepada staf keuangan lain bahwa sistem keuangan yang dibangun oleh konsultan tersebut dicurigai memiliki celah keamanan yang berpotensi merugikan perusahaan.
E. Saya tidak melakukan apapun karena saya kurang memahami teknologi internet dan masalah celah keamanan pada sistem keuangan tersebut hanya kecurigaan saya.

7. Setelah berusaha bekerja secara maksimal, atasan kurang puas dan tidak berkenan dengan hasil pekerjaan Anda. Anda diminta untuk memperbaikinya kembali. Anda sudah memperbaikinya beberapa kali, namun tetap dinilai tidak sesuai dengan ekspektasi atasan. Tindakan Anda…………
A. Untuk memperbaikinya, saya akan meminta saran dan masukan dari rekan kerja yang lain.
B. Saya tidak peduli dengan hal tersebut dan yang terpenting saya sudah menyelesaikan pekerjaan saya.
C. Bagi saya hal tersebut merupakan pengalaman terburuk bagi saya.
D. Saya akan mengajukan surat pengunduruan diri pada atasan.
E. Saya akan meminta arahan dari atasan dan tetap berusaha memperbaikinya.

8. Dalam sebulan terakhir, Anda memiliki banyak proyek. Hal yang akan Anda lakukan untuk dapat menyelesaikannya adalah ……………
A. Saya merasa kesal dan bosan karena sering lembur untuk menyelesaikan pekerjaan kantor sehingga membutuhkan waktu untuk berekreasi.
B. Saya berusaha menyelesaikan semua pekerjaan saya secara profesional sesuai waktu yang telah ditetapkan.
C. Untuk kelancaran proyek tersebut, saya akan meminta bantuan orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan saya.
D. Saya akan mengajukan keringanan kepada atasan dalam menyelesaikan pekerjaan saya.
E. Saya ingin menyelesaikannya, namun saya mereka tidak mampu untuk melakukannya.

9. Pada suatu acara, secara tidak sengaja Anda melakukan sebuah tindakan yang membuat teman Anda marah. Sikap Anda ketika dalam kondisi tersebut …………………
A. Muncul perasaan takut ia tidak mau lagi berteman dengan saya dan meninggalkan saya.
B. Saya merasa bingung dan terus memikirkannya.
C. Saya akan cuek saja karena saya merasa masih punya banyak teman lain.
D. Saya akan bersikap biasa saja dan nanti teman saya akan baik dengan sendirinya.
E. Saya meminta maaf kepadanya dan berusaha memperbaiki serta tidak mengulangi.

10. Anda bekerja sebagai surveyor di sebuah lembaga keuangan pembiayaan usaha retail. Tugas Anda adalah meninjau kelayakan kredit yang diajukan calon nasabah yang cukup jauh dan membutuhkan waktu 90 menit perjalanan. Saat sampai lokasi, Anda baru teringat bahwa lembar kontrol penilaian kelayakan kredit tertinggal di kantor. Lembar tersebut sebenarnya tersedia dan dapat diunduh pada website kantor Anda. Namun, Anda memiliki keterbatasan dalam hal teknologi website. Hal yang Anda lakukan ……………… (prediksi soal tkp cpns 2023 hots)
A. Saya akan kembali ke kantor untuk mengambil lembar kontrol penilaian tersebut.
B. Saya akan menyampaikan bahwa peninjauan ditunda keesokan harinya karena lembar penilaian tertinggal.
C. Saya akan mencoba menelepon rekan kerja saya yang lain untuk meminta arahan dan mengajari saya cara mengunduh dan mencetak halaman kontrol penilaian di website kantor.
D. Saya akan menelepon rekan surveyor lain yang ada di kantor untuk membawakan lembar kontrol penilaian.
E. Saya akan tetap melakukan peninjaun lokasi calon nasabah dan menanyakan kriteria penilaian yang saya ingat untuk diisi pada lembar penilaian. Untuk hal yang tidak saya tanyakan, akan saya isi dengan memperkirakan sesuai kondisi yang saya lihat.

11. Anda adalah seorang tua yang sudah memiliki anak menginjak usia remaja. Harapan Anda kepada anak Anda setelah besar nanti adalah …………….
A. Saya berharap anak saya menjadi pemimpin keluarga yang menjadi panutan.
B. Saya menginginkan anak saya sukses, memiliki kepribadian yang baik dan bertanggung jawab.
C. Saya ingin selalu bersama dengan dengan anak saya untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.
D. Saya berharap anak saya tidak meninggalkan saya.
E. Saya berharap anak saya menjadi pejabat negara dan hidup dengan mewah.

12. Dalam bekerja setiap pegawai akan memiliki keterikatan pada ketentuan dan peraturan yang berlaku di tempat kerjanya. Ketika terikat pada suatu kegiatan pekerjaan, Anda biasanya…………………
A. Untuk mengurangi rasa bosan, saya melakukan kegiatan lain yang baru dan tidak berhubungan dengan kegiatan kerja.
B. Saya akan selalu fokus dan tidak melaksanakan kegiatan lain sebelum kegiatan utama diselesaikan.
C. Saya melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan kerja tersebut
D. Saya melakukan beberapa kegiatan dalam waktu yang bersamaan.
E. Sekali-sekali saya akan melakukan kegiatan lain sebagai hiburan untuk menghilangkan kejenuhan.

13. Saat Anda naik kereta api, terjadi pelecehan seksual oleh seorang pria terhadap penumpang wanita di sampingnya. Wanita korban pelecehan tersebut meminta tolong sehingga terjadi kericuhan di gerbong yang Anda naiki. Pelaku pelecehan tersebut hanya berselang 2 orang dari tempat duduk Anda dan menjadi bulan-bulanan pengeroyokan oleh penumpang lain. Hal yang akan Anda lakukan ………….
A. Saya diam saja karena ada penumpang lain yang peduli masalah tersebut.
B. Saya akan berusaha menyelamatkan pelaku pelecehan tersebut agar tidak terus dikeroyok.
C. Menyarankan penumpang yang melakukan pengeroyokan untuk dapat tenang dan menahan diri.
D. Saya cuek saja karena bisa jadi penumpang wanita salah paham atau berlebihan menganggapnya sebagai tindakan pelecehan.
E. Saya akan menenangkan penumpang yang melakukan pengeroyokan dan meminta mereka menahan diri serta menyerahkan masalah tersebut ke pihak yang berwajib.

14. Pimpinan kantor Anda menerima gratifikasi berupa uang dengan nominal yang cukup besar. Anda mengetahui hal tersebut dan ia meminta Anda untuk menjaga rahasia tersebut dengan memberikan imbalan. Sikap Anda …………………
A. Saya menolak imbalan tersebut secara tegas dan menyampaikan kepada atasan bahwa hal tersebut menyalahi aturan.
B. Dengan senang hati, saya menerima imbalan tersebut dan membagikan ke keluarga saya.
C. Saya terima imbalan dari atasan untuk menjaga rahasia tersebut karena tidak ada yang mengetahuinya.
D. Saya akan menolak imbalan yang diberikan karena tidak sesuai dengan nilai gratifikasi yang ia terima.
E. Saya menerima imbalan tersebut dengan mengajukan beberapa syarat.

15. Anda adalah pengguna beberapa media sosial berbasis video. Anda sering kali melihat pengguna media sosial yang saling menghujat pada konten yang bersifat kontroversial. Pandangan Anda terhadap sikap para pengguna media sosial tersebut adalah ………………
A. Setiap orang memiliki pandangan masing-masing dan berhak untuk mempertahankannya.
B. Saya tidak terlalu memikirkan hal tersebut karena saya tidak memiliki kepentingan pada sikap mereka yang saling menghujat.
C. Sikap tersebut dapat menyebabkan perpecahan dan menimbulkan konflik.
D. Tidak seharusnya mereka saling menghujat dan sebaiknya mereka saling menghargai padangan orang lain.
E. Teknologi internet seharusnya digunakan untuk hal-hal yang positif bukan untuk saling menghujat.

16. Anda merasa sudah bekerja secara optimal dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab Anda di kantor. Namun faktanya berdasarkan hasil evaluasi memberikan penilaian kinerja Anda lebih rendah dari rekan kerja yang lain. Sikap Anda …………………
A. Saya tetap meningkatkan kinerja dan memperbaiki cara saya bekerja untuk mencapai hasil evaluasi yang lebih baik.
B. Sebagai upaya perbaikan, saya akan meminta masukan dari rekan yang hasil evaluasinya lebih bagus dari saya.
C. Saya ingin mengetahui kekurangan saya dan menanyakan kepada tim evaluator mengenai letak kekurangan kinerja saya.
D. Saya tidak mempermasalahkan hasil evaluasi dan tetap bekerja seperti biasa.
E. Saya menjadi kurang bersemangat dalam bekerja.

17. Anda pemilik warung ayam bakar. Dikarenakan kondisi musim hujan, Anda hanya membakar sedikit persediaan ayam yang ada di freezer. Ayam bakar sudah terjual saat hujan mulai reda. Ketika sedang merapikan warung, ada seorang datang ingin membeli ayam bakar untuk satu keluarga. Ia mengatakan ingin datang membeli dari satu jam yang lalu, namun kondisi sekitar rumahnya hujan deras. Hal yang akan Anda lakukan adalah ……………
A. Saya sampaikan bahwa warung sudah tutup dan menyarankannya untuk membeli di warung ayam bakar lain.
B. Saya sampaikan bahwa warung mau ditutup dan tidak bisa melayani lagi karena saya ingin pulang.
C. Saya melayaninya dengan menyediakan sajian yang ia pesan dengan harga yang lebih tinggi karena harus mengeluarkan kembali peralatan dan bahan untuk ayam bakar yang sudah dirapikan.
D. Saya memintanya untuk menungga hingga saya selesai menyediakan semua ayam bakar pesanannya.
E. Saya sampaikan warung sudah tutup dan menanyakan bila bersedia menunggu, saya akan menyediakan semua ayam bakar pesanannya.

18. Saat liburan, Anda sendirian di rumah. Ada pengumuman bahwa tetangga Anda meninggal. Saat itu kedua orang tua Anda sedang tidak di rumah untuk menghadiri acara teman kantornya. Hal yang Anda lakukan ……………..
A. Sebagai bentuk kepedulian, saya akan pergi melayat ke rumah tetangga.
B. Saya tidak peduli dengan informasi sekitar rumah saya karena itu urusan orang tua saya.
C. Saya merasa kasihan dan mendo’akan tetangga yang meninggal dari rumah.
D. Saya akan melihat proses pengurusan dan pemakaman dari rumah saja.
E. Saya akan pergi melayat jika ada tetangga lain yang menghampiri dan mengajak.

19. Anda mengadakan acara ulang tahun. Anda telah mengundang banyak kerabat keluarga dan kolega Anda. Ketika hari perayaan ulang tahun, Anda mendapat kabar rekan kerja Anda mengalami kecelakaan. Ia memiliki hubungan baik dan sering membantu Anda dalam hal pekerjaan. Anda akan …………..
A. Saya menghubunginya untuk memberi dukungan dan bantuan semampu saya.
B. Saya akan membatalkan acara perayaan ulang tahun dan segera ke rumah sakit.
C. Saya meneleponnya untuk memastikan keadaannya serta menganjurkannya mengikuti asuransi kesehatan.
D. Akan mengoordinasikan rekan-rekan lain untuk turut membantu.
E. Saya akan melaporkan kecelakaan tersebut kepada pihak yang berwajib.

20. Anda adalah seorang pimpinan di sebuah instansi. Dikarenakan banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan, Anda adalah orang terkahir yang masih di kantor selain sekuriti. Saat keluar kantor, ada seorang yang datang untuk mendapatkan layanan. Padahal jam layanan kantor sudah ditutup 30 menit yang lalu. Hal yang akan Anda lakukan ………………
A. Saya akan mencoba memberikan layanan yang dibutuhkan oleh orang tersebut.
B. Saya sampaikan kepada orang tersebut bahwa waktu layanan kantor sudah ditutup dan menyarankan untuk datang kembali keesokan harinya.
C. Saya akan menelepon pegawai yang bertugas di bagian pelayanan untuk kembali ke kantor untuk memberikan layanan kepada orang tersebut karena merasa kasihan.
D. Saya sampaikan bahwa pelayanan yang ia butuhkan bukan tugas saya.
E. Saya meminta sekuriti untuk menyampaikan ke orang tersebut bahwa waktu pelayanan kantor sudah ditutup.

21. Ketika tante Anda sedang sakit keras, ia membutuhkan biaya yang besar pengobatannya. Keluarganya kurang mampu membayar biaya rumah sakit. Hal yang akan Anda lakukan adalah………….
A. Dikarenakan saya memiliki kebutuhan hidup yang banyak, saya tidak membantu biaya pengobatannya.
B. Saya menunggu saudara lain yang akan ikut membantu.
C. Saya akan membantu jika memiliki uang yang banyak.
D. Membantu memberikan pinjaman kepada mereka untuk biaya pengobatan.
E. Membantu pengobatan suami tante saya sesuai dengan kemampuan saya.
 
22. Suatu hari Anda bangun tidur kesiangan sehingga terburu-buru berangkat ke kantor karena ada rapat mendadak dengan atasan. Saat berangkat, Anda melihat ada piring pecah di lantai ruang tengah kosan Anda. Tindakan Anda …………….
A. Khawatir melukai kaki penghuni lain, saya membersihkan pecahan piring tersebut meskipun terlambat sampai kantor.
B. Saya membiarkannya saja karena harus segera ke kantor untuk mengikuti rapat.
C. Saya menelepon teman saya bahwa saya agak terlambat sampai karena kantor karena harus membersihkan piring terlebih dahulu.
D. Saya akan menutup pecahan piring dan kain karena terburu-buru ke kantor untuk mengikuti rapat bersama atasan.
E. Saya akan menghubungi rekan kerja untuk menggantikan saya di rapat tersebut.

23. Rekan kerja Anda sedang cuti. Ia menghubungi Anda dan meminta tolong mengirim file pekerjaannya yang di laptop di meja kerjanya karena ia ingin mengerjakan di rumah. Saat itu Anda sedang sibuk mengerjakan tugas Anda. Sikap Anda ………………
A. Saya sampaikan bahwa saya sedang sibuk sehingga tidak bisa mengirim file tersebut.
B. Saya akan mengirim file tersebut setelah saya menyelesaikan pekerjaan saya.
C. Saya akan langsung mengirim file tersebut lalu kembali mengerjakan tugas saya.
D. Saya akan mengirim file tersebut saat jam kantor selesai dan sebelum pulang.
E. Saya akan pura-pura tidak mendengar saat dia minta tolong mengirim file tersebut lalu mematikan telepon.

24. Anda pergi ke mall untuk membeli beberapa barang keperluan Anda. Saat Anda masuk ke toilet, Anda menemukan handphone yang ketinggalan di dekat wastafel. Sikap Anda ……………..
A. HP tersebut bukan milik saya, saya tetap meninggalkan di toilet.
B. Saya akan mengambilnya sebagai pengganti bila handphone saya rusak.
C. Saya akan menyerahkan handphone tersebut ke petugas keamanan.
D. Saya mengambil dan menggunakannnya.
E. Saya tidak tau harus melakukan apa dan meninggalkannya di toilet.

25. Aidil adalah seorang petugas kebersihan di sebuah stasiun yang melayani keberangkatan antar kota. Aidil melihat seorang wanita paruh baya sedang kesulitan membawa koper dan beberapa barang bawaannya. Saat itu Aidil sedang mengepel lantai sekitar pemesanan tiket. Hal yang sehrusnya dilakukan oleh Aidil adalah ………………
A. Segera membantu wanita tersebut lalu melanjutkan pekerjaannya mengepel lantai.
B. Mengepel lantai dengan cepat agar cepat selesai lalu membantu wanita tersebut.
C. Melihat kondisi sekitar, berpikir akan ada orang lain yang akan membantunya.
D. Menyarankan petugas lain yang tidak sibuk untuk membantu wanita tersebut.
E. Cuek saja karena sedang mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab saya sebagai petugas kebersihan.

26. Orang tua Anda sudah tua dan berinisiatif membagi hartanya kepada semua anak-anaknya. Sikap Anda ketika mendapatkan hasil pembagian harta warisan tersebut adalah ……………….
A. Dikarenakan masih mampu memenuhi kebutuhan dan sudah memiliki kekayaan yang banyak, saya menolak warisan tersebut.
B. Akan saya terima dan selajutnya dijual yang digunakan untuk melunasi utang-utang saya.
C. Saya terima dan memprotes bila merasa pembagiannya dilakukan secara tidak adil.
D. Saya berharap mendapatkan hasil pembagian yang paling banyak dari saudara saya yang lain.
E. Saya menerima hasil pembagian tersebut dan menggunakannya dengan baik.

27. Ketika berjalan-jalan di sebuah taman kota, Anda melihat bangku taman banyak sampah yang berserakan di sekitarnya. Sikap Anda …………….
A. Memilih bangku lain yang bersih dan nyaman sebagai tempat duduk.
B. Saya acuh tak acuh dan membiarkan sampah tersebut berserakan di sekitar bangku karena pasti akan ada petugas yang membersihkannya.
C. Menyampaikan hal tersebut kepada pengelola taman untuk melakukan pembersihan.
D. Saya berinisiatif mengambil sampahnya dan membuang ke tempat sampah.
E. Merasa kesal pada orang yang membuang sampah sembarangan di taman tersebut.

28. Saat Anda sibuk bekerja, ada seseorang mengetuk pintu ruangan Anda dan meminta ijin masuk. Setelah menyampaikan maksudnya, ternyata orang tersebut adalah seorang wartawan yang salah ruangan. Ia bermaksud mewawancarai atasan Anda. Hal yang akan Anda lakukan ……………
A. Saya sampaikan bahwa ia salah ruangan dan menyarankannya untuk meminta tolong sekuriti untuk mengantarnya ke ruangan atasan.
B. Saya akan tanyakan hal yang ingin ia wawancarai, lalu saya sampaikan bahwa ia salah ruangan dan memberi tahu letak ruangan atasan saya.
C. Saya sampaikan bahwa ia salah ruangan dan memberi tahu letak ruangan atasan saya.
D. Saya sampaikan bahwa ia salah ruangan dan mengantarnya ke ruangan atasan saya.
E. Saya sampaikan bahwa ia salah ruangan dan menunjukkan letak ruangan atasan saya.

29. Anda adalah pemilik toko sembako dan keperluan rumah tangga. Datang seorang ibu ingin menukarkan barang yang dibeli di toko Anda satu jam yang lalu. Barang tersebut dibeli oleh anaknya yang masih kecil dan salah menyampaikan barang yang harus dibeli. Sikap Anda………………
A. Saya tidak menerima penukaran barang karena saya tidak yakin barang tersebut dibeli di toko saya.
B. Saya menukar barang yang ingin ditukar dengan memperhatikan harga barang yang sudah dibeli dan barang diinginkan.
C. Saya akan memastikan terlebih dahulu apakah barang tersebut benar-benar dibeli toko saya.
D. Saya akan coba mengingat kembali barang tersebut benar-benar dibeli di toko saya.
E. Saya ragu bahwa barang tersebut dibeli di toko saya sehingga saya menyarankan ia memanggil anaknya ke toko agar saya bisa mengingat kembali.

30. Rekan kerja Anda sedang sakit dan tidak mampu membayar tagihan rumah sakit. Ia beberapa kali satu tim dengan Anda dan kerap kali membantu Anda ketika mendapatkan masalah. Hal yang akan Anda lakukan ………………
A. Bagi saya hal tersebut biasa saja dan masalah seperti itu sudah sering dialami oleh orang lain.
B. Saya merasa simpati dan berusaha menghibur agar beban pikirannya berkurang.
C. Saya mengoordinasikan teman-teman kerja yang lain untuk dapat menyisihkan uang agar dapat membantu biaya rumah sakit teman yang sedang sakit.
D. Membantu sebagian biaya rumah sakit sesuai dengan kemampuan keuangan saya.
E. Saya membayar semua biaya rumah sakit meskipun harus menguras semua tabungan saya.

31. Pada perusahaan tempat Anda bekerja, terdapat beberapa tim dalam sebuah divisi yang sama. Ketika ada persaingan antar tim, tim Anda kalah dalam persaingan ketika mengajukan kerjasama dengan perusahaan lain. Sikap Anda ……………..
A. Hal tersebut sudah saya duga sebelumnya bawah tim saya akan kalah dalam persaingan kerjasama.
B. Saya marah-marah kepada rekan satu tim saya dan mencari pihak yang menjadi penyebab kekalahan tersebut.
C. Saya melakukan evaluasi kinerja tim secara bersama-sama dan menjadikannya sebagai pelajaran.
D. Saya akan memberikan ucapan selamat kepada tim yang menang dan merasa yakin tim saya akan menang di waktu yang akan datang.
E. Sebuah kekalahan yang sangat memalukan bagi saya dan sebelumnya tim saya belum pernah kalah.

32. Sering kali Anda merasa atasan bersikap tidak adil kepada karyawannya. Ia kerap kali bersikap subjektif dan membeda-bedan setiap karyawan. Hal yang Anda lakukan terhadap kondisi tersebut adalah ………………..
A. Saya berusaha memahami kondisi tersebut karena sudah menjadi karakternya.
B. Saya akan memberikan usul, kritik, dan saran saya kepada atasan ketika ada rapat kelompok.
C. Saya akan menggalang dukungan rekan kerja yang tidak setuju dengan sikapnya untuk mengajukan protes.
D. Saya sangat tidak setuju dengan sifat seperti itu dan menaruh rasa antipati kepada atasan saya.
E. Saya tidak tahu apa yang harus dilakukan, di satu sisi saya kurang setuju dengan karakternya dan di sisi lain saya harus menghormatinya sebagai atasan.

33. Sikap Anda ketika mendapat gosip yang belum diketahui kebenarannya dan informasi tersebut sangat berkaitan dengan kehidupan dan keluarga Anda adalah ……………..
A. Saya tidak memikirkan benar tidaknya informasi tersebut karena saya masih memiliki banyak urusan lain.
B. Saya masih meragukan informasi tersebut sebagai sebuah kebenaran.
C. Saya akan mengomfirmasi informasi tersebut berdasarkan fakta terlebih dahulu.
D. Saya akan mempercayainya karena tidak ingin terlalu berpikiran negatif terhadap semua informasi yang saya dapatkan.
E. Saya akan percaya mengenai informasi tersebut jika banyak yang mempercayainya.

34. Instansi tempat Anda bekerja berencana mengadakan acara liburan bersama ke luar kota pada akhir pekan ini. Padahal selama sepekan, pekerjaan Anda cukup banyak dan terasa jenuh dan melelahkan. Anda akan ……………..
A. Saya tidak terlalu semangat untuk mengikutinya karena merasa lelah dengan pekerjaan saya selama sepekan.
B. Saya akan mencari alasan agar tidak mengikutinya.
C. Saya akan mengikutinya bila tidak ada acara lain.
D. Saya mengikutinya dengan sangat antusias.
E. Saya mengikutinya untuk menghilangkan kepenatan karena banyaknya pekerjaan di kantor.

35. Dikarenakan kelelahan, teman sekantor Anda tiba-tiba pingsan dan dibawa ke rumah sakit. Anda diminta untuk menggantikan tugasnya. Anda ………….
A. Saya menyarankan atasan untuk mencari rekan kerja yang lain yang bersedia untuk menggantikan tugas tersebut.
B. Saya mempelajari tugas teman saya  tersebut dengan baik sebelum menyatakan sanggup mengerjakannya.
C. Saya akan mencari rekan kerja lain yang bersedia dan sanggup mengggantikan tugas tersebut.
D. Saya menolak menggantikan teman saya untuk mengerjakan tugasnya.
E. Saya segera menyanggupinya tanpa berpikir panjang karena setiap pegawai harus mampu menyesuaikan dengan kondisi tempat kerja.

36. Anak rekan kerja kantor Anda sedang sakit keras dan ingin berobat. Ia sedang tidak punya uang dan ingin meminjam uang Anda. Padahal uang Anda yang tersisa cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sampai akhir bulan. Sikap Anda ……………
A. Saya membantunya dengan meminjamkan sebagian uang simpanan saya.
B. Saya akan sampaikan bahwa saat ini saya sedang tidak punya uang sama sekali.
C. Saya bantu dengan mencarikan pinjaman ke teman kantor yang lain.
D. Saya sampaikan bahwa uang saya terbatas dan menyarankan untuk meminjam kepada teman kantor yang lain.
E. Saya berinisiatif mengajaknya mencari penghasilan tambahan di luar kantor.

37. Anda sedang menangani sebuah proyek sehingga harus bertemu dengan klien untuk kelancaran proyek tersebut. Anda sudah membuat janji untuk bertemu dengan klien tersebut. Anda sudah berusaha tepat waktu, namun klien tersebut tidak datang ke tempat pertemuan yang dijanjikan. Anda akan …………..
A. Dikarenakan rasa kesal, saya akan membalas dengan tidak hadir pada pertemuan berikutnya.
B. Saya marah dan membatalkan kerja sama dengan klien tersebut.
C. Saya akan meminta penjelasan klien tersebut atas ketidakhadirannya.
D. Saya menjadwalkan ulang pertemuan di waktu yang tepat.
E. Saya menolak untuk menjadwalkan ulang pertemuan dengan klien tersebut.

38. Kebiasaan Anda setiap hari tidak membawa bekal makan siang dari rumah. Biasanya Anda makan siang di kantin kantor. Saat di kantin, kebiasaan Anda ………….
A. Saya asyik dan menikmati momen makan bersama dengan kelompok saya sendiri.
B. Saya berbicara seperlunya saja dengan teman semeja saya.
C. Saya duduk sendiri dan menikmati makanan yang saya pesan.
D. Saya mengobrol dengan teman yang sudah saya kenal dengan baik.
E. Saya berusa menjalin komunikasi dengan beberapa orang baru.

39. Saat menjelang hari ulang tahun atasan, Anda berencana ingin memberikannya sebuah hadiah. Pertimbangan utama Anda dalam dalam memilih hadiah yang akan diberikan adalah ………….
A. Sesuai keinginan dan kesukaan atasan saya.
B. Disesuaikan kemampuan keuangan saya dalam membeli hadiah untuk atasan.
C. Memperkirakan pengaruh hadiah yang diberikan terhadap kedekatan saya dengan atasan.
D. Nilai hadiah yang diberikan oleh teman lain kepada atasan.
E. Kegunaan dan manfaat hadiah yang saya berikan kepada atasan.

40. Pada suatu pagi saat dalam perjalanan menuju kantor, Anda melihat rekan kerja Anda yang sedang menuntun motornya yang mogok. Rekan kerja tersebut kurang Anda sukai sifatnya di tempat kerja dan pernah berkonflik dengan Anda. Sikap Anda …………..
A. Saya membantu membawa motornya ke bengkel terdekat.
B. Saya menunjukkan letak bengkel terdekat.
C. Saya tidak memperdulikannya agar dia terlambat masuk kantor.
D. Membantu mengantarnya ke bengkel dan memberi tumpangan ke kantor.
E. Saya berpura-pura tidak melihatnya dengan melihat ke arah lain dan melanjutkan perjalanan ke kantor.

41. Anda beberapa kali pindah tugas di daerah yang berbeda-beda. Kebiasaan Anda ketika hidup dan tinggal di tempat yang jauh dari rumah adalah ………………
A. Perasaan tidak betah dan selalu teringat rumah.
B. Saya merasa biasa saja dan dapat menyesuaikan dengan tempat tinggal baru secara mudah.
C. Saya membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan dan tempat tinggal yang baru.
D. Saya mengalami kendala menyesuaikan diri dengan situasi sekitar.
E. Saya akan membawa beberapa barang yang dapat mengingatkan saya dengan rumah dan dapat membuat saya betah.

42. Saat menjelang pemilihan umum 2019, kondisi lingkungan tempat tinggal Anda memanas karena adanya perbedaan pandangan politik. Antar tetangga kerap kali terjadi perdebatan yang menimbulkan suasana yang tidak nyaman. Sikap Anda ………………
A. Saya akan berusaha mengubah pandangan mereka yang memiliki pandangan yang berbeda dengan saya.
B. Saya senantiasa menahan diri untuk tidak terlibat dalam berdebatan-perdebatan yang terjadi.
C. Saya akan mengingatkan kepada mereka yang berdebat bahwa kebersamaan di lingkungan lebih penting daripada perbedaan pandangan politik mereka.
D. Tidak terpengaruh dan tetap fokus pada urusan kehidupan saya sendiri.
E. Saya akan mencari cara agar suasana lingkungan menjadi kondusif.
 
43. Ada seorang teman kerja Anda melakukan tindakan yang sangat tidak Anda sukai. Ia dikenal sebagai pribadi yang ceroboh dan ketika berbicara tidak memikirkan perasaan orang yang mendengarnya. Hal yang akan Anda lakukan adalah …………..
A. Saya menegur dan memarahinya sebagai pelajaran baginya agar tidak mengulangi lagi di lain waktu.
B. Saya memberitahukan kepada rekan kerja yang lain tentang tindakan tersebut.
C. Saya membicarakan baik-baik dan menjelaskan bahwa saya tidak suka dengan tindakannya.
D. Saya akan memutuskan pertemanan dengannya.
E. Saya diam dan membiarkan saja dan berharap dia dapat berubah dengan sendirinya.

44. Di kantor Anda, atasan dan rekan kerja Anda terbiasa untuk jalan-jalan dan makan bersama di luar saat tanggal gajian. Pada suatu hari sepulang dari kantor, atasan Anda mengajak pergi ke sebuah tempat hiburan. Anda kurang suka untuk pergi ke tempat hiburan. Anda akan ………………
A. Saya ikut dengan perasaan terpaksa dan kesal karena tidak suka pergi ke tempat hiburan.
B. Saya menolak dan menjelaskan secara baik-baik bahwa saya kurang suka pergi ke tempat hiburan.
C. Mengikuti ajakannya untuk menghargai atasan dan agar tidak tersinggung bila saya menolak ajakannya.
D. Saya mengikuti ajakannya karena banyak teman kerja lain yang ikut.
E. Saya akan pulang diam-diam untuk menghindarinya.

45. Anda bekerja sebagai kasir di sebuah super market. Seorang pelanggan tanpa sengaja menjatuhkan beberapa item produk di rak sehingga bercecerah di lantai. Saat itu Anda sedang melayani pelanggan lain yang sedang melakukan pembayaran untuk barang yang dibelinya. Pegawai lain sedang mengurus barang di gudang yang ada di bagian paling belakang swalayan tersebut. Hal yang seharusnya Anda lakukan ……………
A. Saya meminta ijin kepada pelanggan yang sedang melakukan pembayaran untuk merapikan barang yang jatuh terlebih dahulu.
B. Saya akan meminta pelanggan yang menjatuhkan barang tersebut untuk merapikannya kembali ke rak tempatnya semula.
C. Saya akan melayani pelanggan yang sedang melakukan pembayaran, setelah itu merapikan barang yang jatuh dan berceceran di lantai.
D. Saya akan melayani pelanggan yang sedang melakukan pembayaran, selanjutnya memanggil pegawai lain yang ada di gudang untuk merapikan barang yang jatuh dan berceceran di lantai.
E. Saya cuek saja dan berpikir nanti akan ada pegawai lain yang akan merapikannya setelah menyelesaikan pekerjaannya di gudan 

Tags

Post a Comment

0 Comments

Top Post Ad

Below Post Ad