Materi Akidah Akhlak Kelas 5 MI Terbiasa Mengucapkan Kalimat Tayyibah Tarji'

Materi Akidah Akhlak Kelas 5 MI TMari Mengingat Allah Melalui Kalimat Tarji' - Ucapan merupakan cerminan dari kepribadian seseorang. Pribadi yang baik akan menghasilkan perkataan yang santun dan mulia dalam segala suasana, senang atau susah, lapang atau sempit yang terucap hanya kata-kata bijak atau kalimat-kalimat tayyibah.

Musibah dan bencana datang melanda. Dengan adanya bencana dapat terdidik jiwa manusia agar memiliki kekuatan yang tegar, keteguhan sikap, terlatih, dan selalu hati-hati dan waspada.

musibah bencana alam

Musibah datang secara tiba-tiba, baik musibah tersebut bersifat ringan atau berat, besar atau kecil, bisa diderita secara pribadi atau pada orang-orang yang kita cintai, misalnya orang tua, saudara, atau keluarga terdekat kita. Saat itulah, kita harus segera menyadari bahwa yang paling penting mencari perlindungan kepada Allah Swt. Tidak ada tempat berlindung kecuali naungan-Nya. Tidak ada pertolongan kecuali dari-Nya.

Kalimat tarji‟ merupakan salah satu wujud penyerahan diri seorang manusia atas takdir Allah Swt. Manusia milik-Nya dan hanya Allah Swt yang berhak mengambilnya. Oleh sebab itu, manusia harus bisa pasrah menghadapi takdir Allah Swt. Manusia juga harus bisa sabar dan ikhlas menghadapi musibah yang datang menimpa. 

Barang siapa yang tertimpa musibah kemudian menghadapinya dengan sabar dan ikhlas dengan mengucap kalimat tayyibah tarji‟ “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‟un”, maka Allah Swt akan memberi pahala, mengampuni dosa-dosa orang tersebut dan memberi ganti yang lebih baik.

Ayo, amati gambar!
musibah bencana alam

Dari gambar di atas, kalian dapat menyebutkan waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat tayyibah tarji‟.

Berikut ini beberapa waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat tayyibah tarji‟ antara lain
  1. Menerima musibah;
  2. Mendengar kabar berita duka cita;
  3. Terjadi kecelakaan;
  4. Terjadi bencana alam;
  5. Terpeleset atau jatuh;
  6. Kehilangan barang.

Sudahkah kalian terbiasa mengucapkan kalimat tayyibah tarji‟? Nah, setelah kalian sudah mengerti akan manfaat mengucapkan kalimat tarji', kita harus senantiasa membiasakan diri mengucapkan “ Inna lillahi wa inna ilaihi raji‟un” terutama ketika sedang menerima musibah sehingga dapat menghadapinya dengan ikhlas dan sabar.
musibah

Buatlah pertanyaan-pertanyaan sesuai gambar di atas! Mintalah temanmu atau anggota kelompokmu untuk menjawabnya! Kemudian serahkan hasil diskusi kalian kepada guru untuk dikoreksi dan untuk dasar pembelajaran selanjutnya!

Demikian pembelajaran kali ini terkait Terbiasa Mengucapkan Kalimat Tayyibah Tarji' ini, untuk pertemuan selanjutnya akan membahas tentang "Bersabar Dalam Menghadapi Musibah", Semoga materi ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua khususnya peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url